SMA Cendekia Sidoarjo

kreatif, inovatif, berprestasi dan berkarya

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

UKK Tahun Pelajaran 2012/2013 *)

Oleh Admin 10-05-2013 13:31:55

Ulangan kenaikan kelas (UKK) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik diakhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi pesertadidik di akhir semester genap pada satuan pendidikan yang menggunakansistem paket. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yangmerepresentasikan KD pada semester tersebut. 

A. Prinsip Penilaian

Penilaian hasil belajar peserta didik pada jenjang pendidikan dasar danmenengah didasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut:

1. sahih, berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkankemampuan yang diukur.

2. objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas,tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.

3. adil, berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didikkarena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama,suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.

4. terpadu, berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponenyang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.

5. terbuka, berarti prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasarpengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.

6. menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidikmencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagaiteknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangankemampuan peserta didik.

7. sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahapdengan mengikuti langkah-langkah baku.8. beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaiankompetensi yang ditetapkan.9. akuntabel, berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segiteknik, prosedur, maupun hasilnya.

B. Teknik dan Instrumen Penilaian

1. Penilaian hasil belajar oleh pendidik menggunakan berbagai teknikpenilaian berupa tes, observasi, penugasan perseorangan atau kelompok,dan bentuk lain yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan tingkatperkembangan peserta didik.

2. Teknik tes berupa tes tertulis, tes lisan, dan tes praktik atau tes kinerja.

3. Teknik observasi atau pengamatan dilakukan selama pembelajaranberlangsung dan/atau di luar kegiatan pembelajaran.

4. Teknik penugasan baik perseorangan maupun kelompok dapat berbentuktugas rumah dan/atau proyek.

5. Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik memenuhipersyaratan (a) substansi, adalah merepresentasikan kompetensi yangdinilai, (b) konstruksi, adalah memenuhi persyaratan teknis sesuai denganbentuk instrumen yang digunakan, dan (c) bahasa, adalah menggunakanbahasa yang baik dan benar serta komunikatif sesuai dengan tarafperkembangan peserta didik.

6. Instrumen penilaian yang digunakan oleh satuan pendidikan dalam bentukujian sekolah/madrasah memenuhi persyaratan substansi, konstruksi, danbahasa, serta memiliki bukti validitas empirik.

7. Instrumen penilaian yang digunakan oleh pemerintah dalam bentuk UNmemenuhi persyaratan substansi, konstruksi, bahasa, dan memiliki buktivaliditas empirik serta menghasilkan skor yang dapat diperbandingkanantarsekolah, antardaerah, dan antartahun.

Oleh Karena untuk melaksanakan permendiknas no 20 tahun 2007 maka SMA Cendekia Sidoarjo akan menyelenggarakan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Tahun Pelajaran 2012/2013 pada tanggal 8 Juni tahun 2013.

Kepada Seluruh Civitas Akademika SMA Cendekia Sidoarjo agar mempersiapkan diri untuk pelaksanaan UKK tersebut, terlebih kepada seluruh peserta  didik agar sedini mungkin mempersiapkannya guna memperoleh hasil yang maksimal. semoga sukses

*)Havid Tri Cahyono, S.Pd.I, M.Pd.I

   Kepala SMA Cendekia Sidoarjo